Buat kamu yang suka bepergian jauh dan lama, mungkin sudah biasa dengan barang bawaan yang begitu banyak. Mungkin untuk keperluan beberapa hari, satu tas sudah pasti tidak cukup, bukan? Padahal akan sangat repot lho apabila kamu harus menggendong beberapa tas, sedangkan perjalanan kamu mungkin akan berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Nah, berikut ini Cemara Adventure akan memberikan beberapa tips jitu supaya kamu bisa bepergian jauh dan lama hanya dengan membawa satu tas saja. Penasaran? Yuk simak tips & triknya.

 

1. Pilih Tas Yang Lebih Fleksibel

Agar perjalananmu terasa nyaman, pilihlah tas dengan bahan yang lebih fleksibel, seperti Carrier atau koper berbahan duffel. Bahan seperti ini kuat dan bisa memuat lebih banyak barang. Carilah tas yang tidak bersekat di dalamnya, sehingga memungkinkan kamu untuk menjejalkan lebih banyak barang dan menata ruang di dalam tas dengan lebih mudah.

Apabila kamu ingin bepergian menggunakan pesawat, metode ini juga dapat kamu gunakan supaya tas atau koper kamu bisa masuk ke dalam kabin pesawat dengan lebih mudah. Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya bagasi dan memperkecil resiko barang bawaanmu tercecer.

 

2. Pilih Pakaian Yang Berwarna Senada dan Tidak Perlu Diseterika

Salah satu cara jitu untuk mengurangi barang bawaan adalah dengan membawa lebih sedikit pakaian. Tapi pernahkah kamu kebingungan memilih warna pakaian yang kamu bawa?

Tenang, kamu tidak perlu bingung. Bawalah pakaian dengan warna-warna yang senada dan bisa dipadukan dengan berbagai warna lain sesuai kebutuhan, seperti warna abu-abu, hitam, biru tua dan coklat tua. Warna-warna ini dapat dipadukan dengan warna kesukaan kamu yang lainnya seperti hijau, biru, merah, kuning dan oranye.

Selain warna, tentunya kamu juga pilih pakaian yang tidak mudah kusut sehingga memudahkan kamu melipat pakaian tanpa diseterika. Bahan seperti ini cenderung kuat dan ringan, seperti bahan katun, wool dan ultra light. Cukup mudah kan?

 

3. Bawalah Masing-Masing 3 Set Pakaian

Untuk meringankan barang bawaanmu, usahakan membawa masing-masing 3 set pakaian. Bagaimana cara mengaturnya? Dengan membawa 3 set pakaian, kamu dapat mengaturnya dimana 1 set pakaian untuk kamu pakai, 1 set lagi dicuci dan 1 set lagi sebagai cadangan bila pakaian yang kamu pakai basah atau kotor.

Tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak karena kamu bisa memanfaatkan jasa cuci kilat atau laundry kiloan di tempat kamu menginap. Lumayan mengurangi barang bawaan bukan?

 

4. Lipat dan Gulung Pakaian Dengan Cara Yang Benar

Percaya atau tidak, dengan kamu melipat dan menggulung pakaianmu dengan cara yang benar, kamu bisa mendapatkan ruang lebih di dalam tas yang kamu bawa. Karena pakaian yang kamu lipat dan gulung akan menjadikan dimensi pakaianmu menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah disusun di dalam tas. Jangan lupa ikat dengan karet gelang supaya lipatan dan gulungannya tidak mudah lepas.

Selain melipat dan menggulung, ada metode lain yang bisa kamu gunakan untuk menghemat ruang yaitu dengan metode bungkus atau bundle. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meletakkan pakaianmu membentang ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah secara berselang-seling sebelum dilipat masuk satu per satu secara berselang-seling juga. Hasilnya adalah suatu bungkusan pakaian yang ketat dan tanpa celah.

 

5. Pilih Alas Kaki Andalan Yang Bisa Digunakan Di Segala Medan

Alas kaki terkadang menjadi salah satu barang bawaan yang paling berat. Selain ukurannya yang besar, alas kaki juga tidak bisa dilipat seperti halnya baju atau celana. Oleh sebab itu, pilihlah satu alas kaki yang dapat kamu gunakan di segala medan, seperti sepatu outdoor atau sandal gunung. Hal ini memungkinkan kamu tidak perlu mengganti alas kaki ketika kamu melewati berbagai medan.

Bila kamu membutuhkan sandal jepit, pilihlah sandal jepit yang ringan dan tipis supaya dapat diselipkan tanpa mengurangi ruang utama di dalam tas kamu.

 

6. Bawalah Gadget Andalan Kamu, Jangan Bawa Semuanya

Gadget memang sangat dibutuhkan saat kita bepergian. Tapi apakah kamu yakin akan membawa semua handphone, laptop, camera dan tablet? Hal ini tentunya akan membuat tas kamu penuh dengan barang-barang elektronik yang mungkin tidak semuanya kamu gunakan dalam perjalananmu.

Untuk itu, bawalah sesuai kebutuhan saja. Pilih gadget andalanmu dan install dengan aplikasi-aplikasi yang dapat menggantikan fungsi gadget lainnya yang kamu butuhkan. Teknologi smartphone saat ini sudah cukup menggantikan beberapa fungsi gadget kamu yang lain. Jangan lupa untuk membawa charger dan powerbank untuk smartphonemu supaya kamu tidak ketinggalan untuk meng-update perjalananmu ya.

 

Itulah beberapa cara untuk meringankan barang bawaanmu sehingga kamu dapat bepergian jauh dan lama hanya dengan membawa satu tas saja.

Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar teman-temanmu juga dapat melakukan hal yang sama.

Happy travelling…

 

Dari berbagai sumber. Red.